Beda Kamera CCTV Analog dan IPcam

Ketahui Beda Kamera CCTV Analog dan IP Camera – Ada berbagai jenis kamera cctv yang sering dipakai oleh masyarakat. Walaupun sama-sama berfungsi sebagai kamera pengawas, tak heran juga orang masih kebingungan saat disuruh memilih. Untuk di pembahasan kali ini, akan dibahas beda kamera cctv dan IP camera agar tidak membingungkan.

Kelebihan, Kekurangan, Beda Kamera CCTV Analog dan IP Camera

Untuk mengetahui perbedaan dari kedua kamera, Anda perlu mempertimbangkan kekurangan serta kelebihannya terlebih dahulu. Manakah yang lebih cocok digunakan di tempat tertentu agar nantinya tidak ada masalah yang akan menyebabkan penambahan budget dalam memperbaikinya, diantaranya:

Kelebihan dan Kekurangan Kamera CCTV Analog

Analog kamera adalah kamera cctv biasa yang memakai kabel Coaxial sebagai komponen utama dalam menjalankannya. Masih banyak orang menggunakan tipe ini, karena kelebihannya. Namun, disamping itu, Anda juga perlu memperhatikan kekurangan pada jenis ini. Berikut ulasan lengkapnya!

Kelebihan Kamera CCTV Analog

Di sini, akan dibahas berkaitan dengan kelebihannya terlebih dahulu. Pertama, tidak memerlukan pengetahuan mendasar untuk mempelajarinya. Kedua, variasi terhadap produk juga lebih banyak, jadi Anda diberikan keleluasaan dalam memilih sesuai kebutuhan atau keinginan pada tipe ini nanti.

Ketiga, harga lebih murah daripada IP Camera dengan kelas yang sama, bahkan kualitas tangkapan gambarnya pun sangat baik dan objek gerak tampak real. Selain itu, konfigurasi alat dan pengaturan jauh lebih mudah. Ditambah lagi, harga DVR nya semakin murah seiring berjalannya waktu.

Kekurangan Kamera CCTV Analog

Pertama yang perlu Anda ketahui dari kekurangan sistem kamera analog yakni, instalasi kabel sedikit lebih “berat” dibandingkan IP camera. Apalagi jika membutuhkan banyak titik tempat yang harus dijangkau, sehingga lebih sulit dalam program atau pengaturannya nanti jika tidak dilakukan oleh ahli.

Seperti yang sudah diketahui bahwa sistem kamera analog menggunakan kabel Coaxial dan juga connector BNC harganya lumayan tinggi daripada IP camera. Jadi, perlu sedia budget lebih banyak lagi jika ingin memakainya. Selain itu, Anda akan perlu kabel lebih banyak, sehingga lebih sulit.

Kelebihan dan Kekurangan IP Camera

Beralih kepada kelebihan serta kekurangan dari IP Camera yang akan menjadi pembahasan kedua dari artikel ini. Setelah mengetahui semua aspek mengenai sistem kamera analog, selanjutnya Anda bisa melakukan perbandingan pada kedua tipe kamera tersebut. Simaklah penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan IP Camera

Kelebihan IP camera tak kalah memukau dengan kamera analog. Tipe ini dapat memberi kemudahan dalam proses instalasi, karena kabel yang dibutuhkan lebih sedikit. Selain itu, biaya kabel, connector, dan material bantu lainnya jauh lebih murah serta tahan terhadap noise juga interferensi.

Ditambah lagi, peralatan yang diperlukan untuk melakukan proses integrasi sistem lebih sedikit. Di sini, teknologi TCP/ IP akan terus berkembang pesat. Anda tidak perlu melakukan pembelian secara terus menerus, karena bisa diupgrade berbagai fitur pendukung di dalamnya agar tetap up to date.

Kekurangan IP Camera

Selanjutnya berkaitan dengan kekurangan dari IP Camera. Pertama, yakni tentang pemahaman terhadap dasar jaringan LAN dan internet, karena tipe ini sangat mengandalkan keduanya. Jadi, Anda harus memiliki pengetahuan secara mantap juga baik agar nantinya tidak ada masalah terjadi.

Kedua, setting dan pengaturan yang dilakukan di dalamnya tentu lebih kompleks daripada kamera analog. Ketiga, panjang kabel UTP sangatlah terbatas. Untuk bisa merekam serta dihubungkan ke sistem, maka jaraknya harus 100 m ke bawah. Ketiga, harga kamera jauh lebih mahal dari analog.

Melakukan Pemilihan Tipe Kamera

Pemilihan tipe kamera seharusnya disesuaikan dengan tempat dan budget yang sudah Anda sediakan sebelumnya. Selain itu, ketahui lebih lanjut setiap komponen di dalamnya agar dapat diketahui penyebab kerusakan serta menemukan solusi untuk mengatasinya.

Cara ini sangat penting untuk Anda lakukan agar nantinya tidak ada hambatan dalam proses pemasangan maupun pengaturannya. Selain itu, memperhatikan tata letak cctv akan membantu mengawasi kejadian atau menjaga keamanan pada tempat tersebut.

Itu tadi informasi berkaitan dengan perbedaan kamera cctv dan IP camera yang bisa Anda jadikan sebagai panduan dalam memilih jenis kamera cctv agar disesuaikan kebutuhan serta budget. Selain itu, pastikan penempatannya benar, baik di indoor maupun outdoor, supaya lebih sesuai nantinya.

×